Rabu, 27 Januari 2016

Mengenal Hidetsugu Yagi, penemu antena TV di Google Doodle hari ini

Antena adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah televisi. Tanpa antena, televisi tidak akan bisa menangkap sinyal dengan baik, bahkan bisa terganggu oleh sinyal dari sumber lain. Lalu, kepada siapa kita harus bertetima kasih atas penemuan antena? Jawabannya adalah Hidetsugu Yagi.

Hidetsugu Yagi hari ini muncul di Google Doodle, sesuai dengan ulang tahun ke-130 pria Jepang yang lahir tanggal 28 Januari 1886 di Osaka itu. Yagi berhasil menemukan antena saat bekerja di Universitas Tohoku, bersama dengan patnernya, Shintaro Uda. Alhasil, antena pertama yang dipatenkan tahun 1926 itu diberinama' Yagi-Uda'.

Sederhananya, antena Yagi-Uda memungkinkan penerimaan sinyal terarah dengan gelombang elektromagnetik. Sampai saat ini, antena Yagi-Uda diprediksi sudah terpasang di puluhan juta rumah di berbagai belahan dunia. Bahkan, konstruksi antena Yagi-Uda masih digunakan di antena-antena modern.

Sebelum jadi penemu antena, Yagi pernah belajar di Inggris, Amerika, hingga Jerman setelah tahun 1913. Di Jerman, Yagi belajar teknologi komunikasi wireless yang kemudian dia kembali kembangkan pasca menemukan antena, namun sayangnya belum berhasil.

Setelah kembali ke Jepang pada tahun 1930, Yagi diangkat sebagai Presiden Universitas Osaka di tahun 1946. Pada tanggal 18 April 1985, Kantor Paten Jepang menobatkan Yagi sebagai salah satu dari 10 Penemu Terpenting dalam sejarah Jepang.

Sumber : http://www.merdeka.com/teknologi/mengenal-hidetsus-yagi-penemu-antena-tv-di-google-doodle-hari-ini.html

Lihat Juga :  http://blogersislam.blogspot.co.id/
                     http://blogersislam.blogspot.co.id/2016/01/safinatunnajah-safinah.html
                     http://blogersislam.blogspot.co.id/2016/01/keutamaan-shalat-subuh_27.html
                     http://kripikss.blogspot.co.id/
                     http://bookworm1103.blogspot.co.id/
                     http://mcquin95.blogspot.com/

Like dan Bagikan !

Kasih G+1 Jika Artikel Ini Bermanfa'at !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar